Bunda mungkin bertanya, bagaimana kira kira proses kehamilan yang terjadi pada tahap taham trimester pertama ini ? ya, kita akan coba bahas secara rinci saja ya bund, dimana dari proses awal ketika bunda sudah melakukan hubungan kemudian telat datang bulan sampai dengan bentuk janin ketika sudah sampai usia kandungan 1 bulan.

Bagaimana kehamilan berkembang dalam beberapa minggu, bagaimana minggu-minggu pertama kehamilan, apa yang terjadi di tubuh bunda, tanda-tanda pertama kehamilan, nutrisi apa saja yang dibutuhkan kami akan coba bahas di artikel ini.

Kehamilan berlangsung selama 40 minggu, atau 280 hari, sejak hari pertama haid terakhir. Kebanyakan wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari. Namun, kisaran normal berkisar antara 21 hingga 35 hari pada wanita dewasa.

Antara hari ke 11 dan 21 setiap siklus menstruasi, tubuh wanita mengalami ovulasi yang berpotensi menyebabkan kehamilan. Selama ovulasi, sel telur bergerak di sepanjang tuba falopi menuju rahim. Pada saat yang sama, rahim bersiap untuk menerima dan mendukung kehamilan jika ada seperma yang masuk.

Rahim akan tetap dalam kesiapan selama sekitar 14 hari lagi. Jika sel telur tidak bertemu dengan sperma, ia melanjutkan perjalanannya ke rahim sendirian.

Dengan tidak adanya sel telur yang telah dibuahi, rahim menghilangkan lapisan ekstra dari endometrium bersama dengan sel telur, dan menstruasi dimulai.  Jika sel telur dan sperma bertemu dan bergabung, kehamilan terjadi.

Meski sel telur sudah dibuahi, perlu beberapa hari lagi sebelum tes kehamilan di rumah bisa menunjukkan hasil positif. Itu tergantung pada hormon hCG yang diproduksi oleh sel telur. Hormon hCG menginformasikan ovarium bahwa pembuahan telah terjadi, dan menjaga aliran darah ke lapisan rahim agar sel telur terus berkembang.

Kehadiran hormon hCG dalam urin atau darah secara langsung menunjukkan bahwa kehamilan telah dimulai. Pada tahap paling awal, tes urine dapat memastikan hal ini segera ya bund, kalau telat haid maka jangan lupa segera beli tespek ya bund.

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Pembuahan biasanya terjadi dua minggu setelah dimulainya siklus menstruasi berikutnya. Untuk menghitung usia kehamilan dan menghitung perkiraan tanggal lahir, dokter kandungan menghitung 40 minggu sejak hari pertama menstruasi terakhir.

Anda dapat menghitung sendiri perkiraan tanggal HPL anda, hitung 3 bulan yang lalu dan tambahkan 7 hari. Kalkulator kehamilan apa pun yang anda temukan online akan didasarkan pada rumus ini.

Bulan Pertama Kehamilan

Kehamilan minggu pertama : Terjadi telat menstruasi, kemudian minggu kedua terjadi ovulasi. Hari-hari terakhir periode menstruasi dan ovulasi dihitung sebagai dua minggu pertama kehamilan anda.

Kehamilan minggu ke-3 adalah mulai terlihat janin biasanya meskipun sangat kecil dan barulah nanti di minggu ke empat terlihat jelas di kantung rahim sebesar biji kacang.