Kolesterol adalah penyakit yang bisa saja terjadi pada semua usia tidak melulu hanya pada orang tua. Gaya hidup merupakan salah satu penyebab dari kolesterol misalnya makan sesuatu yang hanya mengikuti trend tanpa memperhatikan apakah makana itu mengandung lemak jahat atau tidak. Hal ini karena kebanyakan orang makan sesuatu hanya karena enak di lidah bukan karena sehat atau tidak makanan itu. Jika kolsterol telah terjadi menimpa Anda, tentunya Anda tidak bisa tinggal diam, harus melakukan usaha untuk bisa menurunkan kadar kolesterol. Dari segi makanan, ada beberapa tips menurunkan kolesterol. Mau tau? Terus pantau paragraf di bawah ini.

Makanan Mengandung Serat Tinggi

Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda bisa lebih banyak mengonsumsi makanan berserat jika sebelumnya Anda jarang mengonsumsinya. Makanan yang mengandung tinggi serat adalah seperti buah-buahan dan sayuran. Di dalam sayuran dan buah tidak terkandung lemak jahat tetapi mengandung lemak baik sehingga secara tidak langsung kadar kolsterol bisa diturunkan secara perlahan.

 Makanan yang mengandung serat juga bisa ditemukan dalam biji-bijian misalnya oatmeal yang bisa menurunkan kadar kolesterol dengan menyerap lemak di aliran darah. Adanya serat beta glucan juga bisa menyebabkan lemak diikat sehingga bisa dikeluarkan bersama feses. Untuk mengendalikan kadar kolesterol, Anda bisa menyeduh secangkir atau setengah cangkir oat mentah sehingga akan dihasilkan sekitar 5 gram serat yang terlarut. 5 sampai 10 gram konsumsi serat bisa membantu mengendalikan kolesterol.

Makanan yang Termasuk Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah familia kelas dikotil yang memiliki banyak spesies misalnya adalah kacang kenari. Di dalam kacang kenari terkandung asam lemak tak jenuh tunggal dan juga ada asam lemak omega 3. Kedua zat ini sangat membantu dalam penurunan kadar kolesterol bahkan juga mencegah timbulnya inflamasi di dinding pembuluh darah. Kemudian, ada pula kacang Almond yang memiliki manfaat yang hampir sama dengan kacang kenari. Hanya saja kandungan protein dalam kacang almond dua kali lipat lebih besar dibandingkan kacang kenari.

Dalam sebuah jurnal Nutrition, setia konsumsi 1,5 ons kacang almond bisa meningkatkan kadar kolesterol baik sampai 15%. Namun, peningkatan ini terjadi pada orang yang memiliki berat badan ideal atau normal. Selain itu, yang tergolong kacang-kacangan adalah kacang kedelai dengan kandungan isoflavon, saponin, lesitin, dan serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa mengonsumsi kira-kira tahu dan susu kedelai sebanyak dua porsi perharinya.

Makanan yang Diambil Minyaknya

Minyak yang bisa menurunkan kadar kolesterol adalah minyak zaitun dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal. Selain itu juga terkandung polifenol yang bisa menurunkan efek oksidasi dari kolesterol jahat LDL dan juga malah menaikkan kadar kolsterol baik.

Demikian, tentang makanan penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi baik mencegah atau menurunkan kolesterol. Untuk lebih praktis, Anda bisa mengonsumsi Acticor, minuman lengkap penurun koleterol yang banyak direkomendasikan tenaga kesehatan. Hanya dengan rutin minum acticor, kolesterol bisa segera teratasi.