Memiliki tubuh terlalu kurus memang mendatangkan keuntungan dan kerugian tersendiri. Misalnya saja pada saat kondisi hamil, tubuh yang terlalu kurus ini malah akan menjadi masalah serius. Ada banyak cara menambah berat badan dalam waktu cepat. Walau sekilas terdengar mudah, menaikan berat badan ini menjadi tugas yang sulit, apalagi bila ingin menerapkan pola makan sehat dan hindari makanan ‘sampah’ atau junk food dan camilan berkalori tinggi.

Menaikan Berat Badan yang Sehat

Ini dia beberapa tips yang diambil dari artikel kehamilan serta saran para ahli gizi.

1.     Hitung Kalori

Pertama, Anda harus paham mengenai kalori dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Kebutuhan kalori setiap orang memang berbeda. Coba hitung lebih dulu berapa banyak jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Apakah asupan selama ini sudah memenuhi kebutuhan tersebut atau belum.

2.     Pahami Apa yang Dibutuhkan Tubuh

Selain jumlah kalori, setiap orang memiliki kebutuhan beragam, khususnya dalam asupan sehari-hari. Mungkin Anda pernah dengar mengenai diet yang disesuaikan golongan darah, bukan? Ini salah satu contohnya. Karena kondisi tubuh berbeda-beda, maka kebutuhannya ikut berbeda. Ada yang lebih baik memperbanyak asupan protein dibanding karbohidrat misalnya.

3.     Pilih Menu Makanan

Memilih menu makanan dalam perubahan pola demi menaikan berat badan sangat berperan penting. Pilihlah menu yang tinggi kalori, tetapi masih sehat untuk dikonsumsi. Seperti konsumsi nasi merah, daging merah yang dimasak matang, konsumsi susu dan kacang-kacangan, juga lain-lainnya.

4.     Rutin Berolahraga dan Tetap Aktif Berolahraga

Cara menambah berat badan berikutnya yang sering membuat salah paham ialah masalah rutinitas berolahraga. Banyak yang berniat menaikan berat badan, lalu berpikir untuk mengurangi aktivitas satu ini. Padahal olahraga akan membantu tubuh lebih lancar dalam mencerna makanan dan minuman yang dikonsumsi. Selain itu juga membantu pembentukan otot yang membuat berat badan cepat naik.

5.     Hindari Stress

Menghindari stress menjadi salah satu cara menaikan berat badan. Ada dua kemungkinan yang dialami seseorang ketika merasa stress yaitu penurunan berat badan dan kenaikan berat badan secara signifikan. Anda harus memahami lebih dulu termasuk dalam tipe yang mana. Kemudian usahakan hindari alami stress yang juga bisa mengganggu atau memicu Anda terkena penyakit berbahaya.

6.     Konsultasi dengan Dokter

Cara terakhir tentunya Anda bisa konsultasi bersama dokter atau ahli gizi bila perlu. Contohnya saat sedang hamil sesuai pada artikel kehamilan mengenai pentingnya menaikan berat badan ketika hamil.

Jangan lupa usahakan mengatur pola makan dengan sebaik mungkin dan memilih menu makanan yang tergolong sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Sebab banyak cara menambah berat badan berisiko mendatangkan penyakit berbahaya akibat pemilihan menu makanan yang tidak atau kurang sehat.