Setiap orang memiliki cara menikmati secangkir kopi yang menjadi minuman favorit sepanjang masa. Ada orang yang suka citarasa kopi orisinal alias pahit sempurna, tetapi ada orang yang lebih suka tambahan gula dan susu. Kopi gula yang manis bisa membuat mood menjadi lebih bahagia atau bersemangat menjalani aktivitas harian. Namun, sudahkah Anda tahu risiko menikmati kopi yang terlalu manis bagi kesehatan tubuh?

Jika konsumsi kopi yang terlalu manis

Mengonsumsi kopi dengan tambahan gula sah-sah saja, asal memenuhi batas aturan konsumsi. Berdasarkan riset dari ahli mengatakan bahwa batas konsumsi gula setiap hari hanya 3 sendok makan saja. Apabila Anda mengonsumsi kopi gula lebih dari 4 cangkir sehari, maka segera kurangi kebiasaan mengonsumsi minuman tersebut.

Berikut 5 risiko kesehatan yang bisa Anda alami jika konsumsi kopi dengan tambahan gula yang berlebihan yaitu :

1.  Peningkatan keinginan konsumsi gula

Anda harus tahu bahwa konsumsi gula bisa memicu kadar dopamine yang menyebabkan tubuh mengalami peningkatan toleransi gula. Akibatnya Anda merasa ingin mengonsumsi gula lebih banyak dalam menu makanan atau minuman harian.

Padahal Anda harus tahu bahwa organ hati memiliki batasan dalam mengubah energi dari gula tersebut. Tentu kelebihan gula tidak bisa diubah menjadi energi dengan baik malah menjadi lemak hati, lho!

2.  Terjadi lonjakan kadar gula dalam darah

Anda memang harus mewaspadai risiko alami hipertensi akibat konsumsi kopi dengan pemanis yang melewati batas. Lonjakan kadar gula dalam darah bisa menyebabkan produksi insulin lebih cepat dan penggunaan kadar glukosa bisa jatuh dan sebabkan lesu, sakit kepala, cemas, dan kelelahan.

3.  Mengganggu proses pembelajaran dan ketajaman otak

Kopi yang dikonsumsi dalam jumlah wajar baik menggunakan sedikit gula atau tanpa gula sama sekali bisa menstimulasi otak menjadi lebih baik. Namun, Anda harus tahu bahwa konsumsi kopi dengan tambahan gula yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan proses pembelajaran dan ketajaman otak Anda akibat penurunan kadar glukosa dalam tubuh.

4.  Membuat tubuh alami obesitas

Hal ini terjadi karena kopi yang dicampur dengan gula terlalu banyak mengandung lemak, tinggi gula dan kalori yang membuat tubuh lebih cepat alami obesitas. Kalau Anda berencana menjalankan program diet, maka hindari konsumsi kopi dengan gula berlebihan atau pemanis lain seperti susu, sirup vanila atau krim. Tubuh yang alami obesitas bisa memiliki risiko penyakit komplikasi yang membahayakan keselamatan Anda sendiri, lho!

Mengenai beberapa dampak konsumsi kopi gula berlebihan bisa membuat tubuh Anda rentan alami penyakit. Sebaiknya beri batasan konsumsi kopi sesuai aturan sebab Anda bisa mengalami kecanduan kafein. Jika mengonsumsi kopi tanpa gula bisa Anda lakukan, kenapa tidak? Namun, konsumsi kopi dengan pemanis dalam batasan wajar masih dianggap aman, kok.