Olahraga merupakan kegiatan positif yang mengandung banyak manfaat baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Manfaat olahraga bagi anak-anak dapat berpengaruh pada fisik, mental dan ketahanan tubuh.

Menyadari pentingnya hal tersebut, WHO menyarankan agar anak-anak rajin berolahraga 60 menit perhari untuk usia 5-7 tahun. Serta 3 jam perhari untuk anak usia dibawah 5 tahun.

Olahraga bagi anak

Lantas apa saja keuntungan yang diperoleh dari kebiasaan berolahraga khususnya untuk anak-anak? Berikut penjelasan lengkapnya seputar manfaat olahraga untuk anak-anak.

1.     Meningkatkan Kepadatan Tulang

Salah satu tujuan olahraga untuk bagi anak usia dini adalah dapat membantu meningkatkan ketahanan dan kepadatan tulang. Kepadatan tulang ini nantinya akan bertambah seiring bertambahnya usia sang anak.

2.     Mencegah Obesitas

Nafsu makan yang besar dapat membuat anak mengalami peningkatan berat badan secara signifikan. Nah, untuk menekan porsi makan serta penambahan berat badan maka olahraga bisa dijadikan pilihan.

Dengan berolahraga paling tidak tiga kali seminggu, resiko obesitas pada anak dapat berkurang hingga 31%. Hal ini tentu dapat dicapai lebih maksimal dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang.

3.     Membangun Rasa Percaya Diri

Melalui olahraga, anak-anak juga dapat mengembangkan rasa percaya diri mereka. Kebiasaan aktif bergerak dapat membantu anak membangun rasa percaya diri dan pikiran positif untuk dirinya sendiri.

Selain itu, anak-anak dapat memperoleh segudang prestasi melalui kegiatan olahraga. Tentu hal ini dapat menjadi faktor untuk anak-anak dalam meningkatkan rasa percaya diri atas kemampuan mereka.

4.     Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat olahraga bagi anak-anak berpengaruh terhadap aktivitas otak bagian prefrontal pada anak. Hal ini kemudian dapat serta merta meningkatkan fungsi kognitif dan kecerdasan anak.

Selain itu, anak-anak dengan kebiasaan olahraga cenderung memiliki daya fokus yang tinggi. Maka tidak heran jika mereka lebih cerdas dan tanggap dibandingkan yang jarang berolahraga.

5.     Sebagai Sarana Sosialisasi

Saat berolahraga, anak-anak dapat bertemu dengan banyak orang terutama teman sebaya mereka. Hal ini dapat menjadi sarana bagi mereka untuk membangun kehidupan sosial yang baik.

Melalui kegiatan olahraga, terlebih olahraga dengan tim/kelompok dapat membantu anak bekerjasama dengan rekannya. Selain itu juga anak-anak dapat terbiasa untuk menghargai satu sama lain.

Untuk membentuk olahraga yang rutin bagi anak, para orangtua dapat membiasakan kebiasaan olahraga sejak dini. Agar kegiatan olahraga tidak menjadi beban, jenis olahraga dapat dilakukan sesuai minat anak-anak.

Untuk menghindari rasa bosan, orangtua dapat melabeli kegiatan olahraga dengan kata “bermain” untuk menyulut semangat anak-anak. Olahraga juga dapat dilakukan beramai-ramai agar prosesnya lebih menyenangkan.

Setelah membaca manfaat olahraga bagi anak, apakah Anda tertarik untuk rutin berolahraga bersama buah hati Anda?. Saat melakukan olahraga, Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan ya.