Pada dasarnya masalah sulit makan bagi balita adalah hal yang normal. Namun, kebanyakan orang tua merasa khawatir dengan kondisi tersebut. Berdasarkan penelitian dari Perusahaan YouGov sekitar 68% orang tua merasa stress dan frustasi dengan keadaan anak yang sulit makan. Bagi Anda yang ingin mengatasi balita susah makan. Maka, perlu kesabaran ekstra.

Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Memang kebanyakan anak-anak tidak menyukai sayuran berwarna hijau, Hal ini dikarenakan rasanya yang dianggap sedikit pahit meskipun baik untuk kesehatan. Hal tersebut dapat membuat anak sulit makan dan tidak mau menuruti perintah Anda untuk mencicipi makanan yang disiapkan khusus untuknya. Maka dari itu, berikut cara mengatasi masalah balita susah makan yang bisa Anda terapkan:

  1. Buat List Makanan yang Biasa Anak Makan Tiap Harinya

Anda dapat mencatat semua makanan yang dimakan oleh anak selama sehari. Caranya dengan menanyai orang-orang yang bertemu dengannya. Meskipun ini agak repot. Namun, data tersebut dapat memastikan anak tidak kelaparan atau kekurangan nutrisi harian.

Terkadang si kecil tidak mau makan di saat makan malam bersama. Hal ini memang buat orang tua khawatir. Sehingga, fungsi list makanan dapat membantu Anda menemukan varian makanan yang mungkin dia suka untuk dimasukkan ke dalam menu harian.

  1. Menyediakan Jajanan Tinggi Kalori sebagai Cemilan

Anda dapat menyediakan makanan kecil yang mengandung tinggi kalori di saat anak sedang bersantai. Hal ini dilakukan agar anak tetap tercukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Meskipun si kecil masih sulit diajak makan. Anak akan memakan kudapan sesuai keinginannya kapanpun.

Terdapat beberapa jajanan ringan yang bisa Anda miliki diantaranya, kacang, buah, keju dan lain sebagainya. Meskipun si kecil sulit makan nasi. Setidaknya, Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan adanya cemilan.

  1. Jangan Memerintahkan Anak untuk Makan

Terkadang si kecil memiliki sifat bertolak belakang apabila disuruh sesuatu. Misalkan, Anda menyuruhnya makan. Maka yang didapat adalah si kecil tidak mau makan.

Hal ini lumrah terjadi, kemungkinan besar si anak memang memasuki tahapan perkembangan dan rasa penasaran tinggi. Maka sebaiknya, Anda dapat menyuruhnya tidak makan yang nantinya akan bertimbal balik anak akan meminta makan sendiri.

  1. Mengikuti Kemauan Anak

Anda dapat mengikuti mood anak untuk mengkreasikan menu makanan yang ingin disantap. Hal ini yang disukainya, tentu akan membuatnya bersedia untuk makan. Hal ini lebih efektif dibandingkan Anda memaksanya untuk mengonsumsi makanan yang tidak ia sukai.

  1. Membuat Hidangan yang Berbeda Tiap Hari

Bagi anak hidangan yang berbeda setiap hari dapat meningkatkan rasa sukanya terhadap makanan. Maka dari itu, Anda harus kreatif untuk membuat menu makanan berbeda setiap harinya. Hal ini akan membuat anak memiliki mood yang baik terhadap makanan yang ia makan.

Beberapa cara mengatasi balita susah makan di atas dapat Anda aplikasikan. Meskipun, balita susah untuk mengonsumsi makanan. Pada dasarnya, dia akan tetap makan kalau sudah merasa lapar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir atau cemas berlebihan. Hal tersebut merupakan sudah lumrah terjadi di masa pertumbuhan anak.